twitter



Wonderful Vredeburg


Jogja: Vredeburg! Sejarah dalam 2000

Akhirnya sebuah kunjungan ke kota pelajar "Jogja" dapat ku jalani liburan ini, lebih kurang 4 hari ku habiskan untuk menjelajahi pusat-pusat wisata di kota gudeg ini! UGM, Malioboro, Mesjid Jokokarian, Gunung, Alun-alun, Pusat kerajinan keramik, Museum dan keraton yang tak sempat untuk ku masuki dalamnya. 

Vredeburg! nama yang keren bukan? adalah sebuah museum yang terletak di ujung jalan Malioboro, sebuah museum yang sangat unik dan pastinya bernilai sejarah tinggi.


Waktu itu sudah menunjukan pukul 15.00, aku dan rombongan berencana menghabiskan waktu untuk berkeliling di Malioboro! tapi melihat nama Vredeburg entah kenapa nama ini menjadi unik dan menarik hari untuk menyapanya! dan akhirnya ku junjung-ilah museum ini sebelum menikmati udara Malioboro! 

Khawatir adalah rasa pertama yang muncul ketika kaki menginjak gerbang masuk, "loket tiket masuk" sudah menunggu, memandangnya saja aku seram, hahaha maklum yang akan berkunjung adalah anak ksotan yang selalu memikirkan uang keluar! dan kantong ku sudah berteriak, memperingatkan untuk waspada akan kemungkinan mengeluarkan uang ekstra untuk masuk ke museum ini!  bapak-bapak penjaga tiketpun sudah berdiri di sana, aduh pasti akan mahal pikirku! ku beranikan diri untuk bertanya

Me: Permisi pak! kalau mau masuk bayar berapa ya pak?
Bapak: Oh, mau masuk, sekarang sih! kita patok harganya Rp 2.000 saja, kemarin juga dan besok mungkin kita pertimbangkan lagi berapa!
Me: tersenyum! oh Rp 2.000  pak? Terimakasih pak

Gila, duaribu rupiah untuk masuk museum?! di tengah kota Jogja?! hahaha aku pikir akan membayar sampai  limabelas ribuan. 

Sejarah dalam 2000! ya, jika berkunjung ke Jogja, aku merekomendasikan kalian semua berkunjung kesini. setiap perjalanan sejarah yang bersentuhan dengan Jogja kan kau dapatkan! kita akan terbang melayang seperti mesin waktu doraemon yang mengantarkan kita kembali ke masa silam! Luar biasa!

2000-rupiah saja untuk kembali ke masa lampau! bersih, rapi, tertata rapi begitulah suasana bangunan dari luar, didominasi oleh warna cat putih dan menambah kesan tua pada bangunannya!

Penting! WAJIB MASUK KE DIORAMA! inilah yang membuatku berdecak kagum pada Vredeburg! terdapat 4 diorama yang menjelaskan secara rinci sejarah indonesia yang berhubungan langsung dengan Jogja! diorama ini sangat unik! karena :
  1. Setuai dengan urutan waktu kejadiannya
  2. Touch Screen!
  3. Gambaran nyata kejadian
  4. penjelasan yang jelas singkat padat!
2000-rupiah saja untuk melihat Timeline sejarah
Inside Vredeburg

Menyelami sejarah memang asyik! kita akan jelajahi zaman 2 abad silam ketika pangeran Diponegoro mulai menyusun strategi untuk melawan belanda, terbentuknya Budi Utomo pada tanggal 3-8 oktober 1908, berdirinya Muhammadiyah  mogok buruh, berdirinya taman siswa, berdirinya Aisyiah " organisasi masa perempuan pertama yang menjadi nama TK tempat awal ku mengenal pemelajaran! dan segudang sejarah lainnya!

Kekaguman telah menyelimuti hati ketika kaki ku melangkah dari satu diorama ke diorama lain! masuk ke tahun-tahun dimana status negara kita diperjuangkan dengan keras oleh para pahlawan!

Vredeburg! Sejarah dalam 2000 memberikan kesan tak terlupakan pada Jogja!  Dengan kata-kata ini tak akan cukup menggambarkan keunikan Vredeburg! so.. Just come to Jogja!

Kostan Tercinta 
Meyelesaikan coretan kertas dariVredeburg
13-1-13

2 comments:

  1. Vredeburg , lain kali kalau mampir dimalioboro akan gue inget. Nice Blog, tueran Link kawan http://mharluck.blogspot.com/

  1. sip bro, lo harus dateng ke sana, it's really need! sip2, ntar gua kunjungi blog lo. thanks

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, datang lagi ya.